Manfaat HT

Di era digital saat ini hampir semua orang memiliki ponsel dengan jangkauan yang makin luas dan kemampuan ponsel pintar yang makin canggih, namun mengapa masih ada orang membeli perangkat komunikasi HT (handy talkie) berbasis radio frekwensi  yang dianggap teknologi ketinggalan jaman?

Tunggu dulu, setelah memahami latar belakangnya, beberapa orang setuju dengan alasan-alasan membeli HT di bawah ini:

  • Pekerjaan: ini alasan paling sederhana, mau tidak mau, beberapa pekerjaan mengharuskan pemakaian HT dalam kesehariannya, misalnya polisi lalulintas, pekerja tambang, security, bahkan event organizer pun lazim menggunakan perangkat kecil ini.
     
  • Keselamatan: dalam banyak kasus, penggunaan radio HT telah menyelamatkan banyak jiwa ketika dalam kondisi darurat, misalnya dalam keadaan bencana alam, search and rescue di gunung, perairan laut, gua bawah tanah,  petugas medical mobile, serta keadaan kegawatan lainnya. Untuk alasan ini pula ada yang membeli dan menyimpan radio komunikasi khusus sebagai emergency preparedness, untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu terjadi darurat bencana, maka dapat menolong keselamatan diri sendiri maupun orang lain, mengingat jalur komunikasi publik seperti  telepon dan seluler biasanya terputus untuk beberapa waktu. Di US dan Canada, saat inipun sistem komunikasi radio masih menjadi tulang punggung utama ketika terjadi bencana badai, banjir, tsunami, maupun gempa bumi.
     
  • Praktis: ini alasan kuat mengapa HT masih digunakan dalam banyak pekerjaan tertentu, karena ada fungsi HT yang tidak bisa tergantikan oleh ponsel, yaitu komunikasi one-to-many atau broadcast voice information dan komunikasi mandiri tanpa ketergantungan pihak lain. Dengan demikian informasi yang disampaikan melalui HT dapat didengar oleh semua pihak yang memantaunya, sehingga dapat mudah melakukan koordinasi mobile team secara serentak. Event organizer, field officer, security, tim SAR atau bahkan konvoi kendaraan, semua memanfaat aspek kepraktisan ini.
     
  • Murah: tanpa perlu dipertanyakan lagi, mau dipakai terus menerus atau hanya sekali dua kali, biaya perijinan dan pembelian HT bersifat tetap, tanpa ada pengeluaran biaya lain lagi seperti halnya komunikasi internet atau telepon seluler. Mau jalan-jalan di mall besar, tempat wisata, sekarang juga lebih mudah komunikasi dengan banyak anggota keluarga memakai HT mungil daripada SMS atau telepon.
     
  • Hobi: masih banyak orang yang menggunakan jalur komunikasi radio untuk bersosialiasi lisan langsung, sekedar berkabar maupun menjalin silaturahmi yang lebih erat dengan sesama pengguna radio. Dengan banyaknya repeater di saat sekarang ini, trend mulai bergeser dari pengguna rig base station menjadi mobile station menggunakan HT karena lingkup jangkauan menjadi luas dengan adanya repeater.  Hobi ini pula yang menjadikan seseorang menjadi kolektor berbagai jenis HT, mulai dari type jadul hingga HT digital.

Masih ada banyak alasan lain, mengapa radio komunikasi terutama HT masih terus diperlukan dan tetap digunakan hingga saat ini dan tentunya.. mendatang :)

Copyright © 2012 by: Aditya Wardana